THE ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES IN MAKING INFERENCE IN READING NARRATIVE PASSAGES AT THE SOCIAL ELEVENTH GRADE OF SMAN 1 CURUP

Warnidah, Nining and Suwarno, Bambang and Arono, Arono (2018) THE ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES IN MAKING INFERENCE IN READING NARRATIVE PASSAGES AT THE SOCIAL ELEVENTH GRADE OF SMAN 1 CURUP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS NINING WARNIDAH.pdf] Text
THESIS NINING WARNIDAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nining Warnidah, A2B014019. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam
Membuat Kesimpulan dalam Membaca Teks Naratif di Kelas
Sebelas IPS SMA 1 Curup. Thesis. Bengkulu. Pasca Sarjana
Pendidikan Bahasa Inggris universitas Bengkulu
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesulitan siswa dalam membuat
kesimpulan dalam pemahaman membaca, persepsi kesulitan siswa dalam
dalam membuat kesimpulan dalam pemahaman membaca, dan hubungan
antara kesulitan siswa dan persepsi kesulitan dalam membuat kesimpulan
dalam pemahaman membaca. Populasi studi ini adalah ksiswa-siswi kelas
sebelas SMAN 1 Curup, dan siswa XI SOS 4 yang terdiri dari 34 siswa
menjadi sampel penelitian ini. Untuk instrument, peneliti menggunakan test
membaca yang terdiri dari 40 pertanyaan dan kuesioner yang terdiri dari 30
butir. Hasilnya adalah sebagai berikut: pertama, kesulitan keseluruhan
siswa dalam membuat kesimpulan dalam membaca teks naratif termasuk
ke dalam kategori “sedang”. Itu dibuktikan dengan rata-rata kesalahan
siswa dalam membaca, yaitu 47.5. Kesulitan tertinggi siswa adalah pada
kesimpulan tentang sikap penulis (I.AA) (5.88% atau “sangat tinggi); kedua,
persepsi kesulitan siswa dalam membuat kesimpulan dalam membaca teks
naratif termasuk dalam kategori “sedang”. Itu ditunjukkan oleh rata-rata
yang didapat dari keseluruhan indikator (83.79). Rata-rata tertinggi adalah
pada indikator kesimpulan tentang sikap penulis (I.AA) (23.29 atau
“sedang”) di antara indikator yang lainnya (IC = 16.58 atau “rendah”, I.MF =
21.62 atau “sedang”; dan I.I = 22.03 atau “sedang”). Selanjutnya,
persentase persepsi kesulitan siswa berada pada katageri “tertinggi” pada
indikator I.AA (2.94%) dengan kategori “sangat tinggi”; ketiga, tidak ada
hubungan antara kesulitan siswa dan persepsi kesulitan siswa dala
membuat kesimpulan dala membaca teks naratif yang didapat dari nilai
r-hitung total yang lebih rendah daripada r-tabel (r-hitung < r-tabel; 0.061 <
0.339) dan nilai r-hitung untuk setiap indikator yang juga lebih kecil daripada
r-tabel (r-count I.C=-0.133; I.MF=-0.096; I.AA=-0.1345; I.I=0.2789;
r-tabel=0.339). Oleh karena itu, persepsi kesulitan siswa, sebagaimana
yang ditandai dengan nilai kuesioner, tidak bisa digunakan sebagai
indikator kesulitan siswa karena tidak ada korelasi signifikan dengan
kesulitan sebenarnya yang ditandai oleh hasil tesnya.
Kata Kunci: Kesulitan siswa, membuat kesimpulan, dan membaca teks
naratif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200