Rusyanti, Nur Endah and Juarsa, Osa and Resnani, Resnani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGRI 18 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NUR ENDAH.pdf [thumbnail of SKRIPSI NUR ENDAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NUR ENDAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
multiliterasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PKn di
kelas V SD Negri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
campuran(mix method). Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental
Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group
Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan
perlakuan(treatment) pada subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini ada dua
kelompok, yaitu siswa kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V
B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu peneliti yang
dibantu dengan pedoman observasi dan tes hasil belajar dengan bentuk soal
pilihan ganda yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran serta posttest
setelah pembelajaran. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis data di
lapangan dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah
menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar 2,52 dan nilai ttabel sebesar 1,68.
Jadi thitung 2,52 > ttabel 1,68 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap hasil belajar
kognitif PKn siswa kelas V SDN 18 Kota Bengkulu. Tahapan pembelajaran
dengan model multiliterasi terdiri atas pembuka, inti, dan penutup. Pembuka
meliputi salam pembuka, berdoa, absensi, apersepsi, dan menyampaikan tujuan
pembelajaran. Kegiatan Inti meliputi mengenali fenomena sosial, membangkitkan
skemata, menemukan informasi, mengorganisasikan informasi, mengelaborasi
dan menyintesis informasi, meringkas konsep-konsep kunci, memproduksi karya,
pemantapan materi, dan kesimpulan.Kegiatan penutup meliputi evaluasi, refleksi,
tindak lanjut, doa penutup, dan salam penutup.Pelaksanaan pembelajaran dengan
model multiliterasi sebagian besar sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur
yang telah ditetapkan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, PKn, Hasil Belajar Kognitif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14311 |