LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Sari, Purnama Yulian and Sofyan, Dedi and Gita, Mutiara Hati (2018) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Purnama Yulian Sari (A1B014020).pdf] Text
Skripsi Purnama Yulian Sari (A1B014020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sari, Purnama Yulian. 2018. Language Learning Strategies Used by Successful
Students of the English Education Study Program at University of
Bengkulu. Supervisor Dr. Dedi Sofyan, M.Hum and Co. Supervisor
Gita Mutiara Hati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar Bahasa yang digunakan
oleh mahasiswa sukses yang di kategorikan dalam enam tipe strategi yaitu: memori,
kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial strategi berdasarkan teori
Oxford (1990). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan
Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu angkatan 2014 dan 2015 yang memiliki IPK
3.51 sampai dengan 4.00. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument
untuk mengetahui data. Kuesioner terdiri dari 50 item berdasarkan Oxford’s
Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 tentang strategi belajar
Bahasa. Data tersebut diproses dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 untuk
mengetahui strategi mana yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa sukses.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa sukses menggunakan campuran
strategi pembelajaran Bahasa, termasuk memori, kognitif, kompensasi,
metakognitif, afektif, dan sosial strategi. Untuk strategi yang paling banyak
digunakan oleh mahasiswa sukses adalah metakognitif strategi dengan skor mean
(3.94) diikuti dengan kompensasi (3.81), kognitif (3.59), sosial (3.43), memori
(3.31), dan afektif strategi (3.30). strategi-strategi metakognitif mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa
sukses dalam belajar Bahasa. Strategi metakognitif dapat membantu mahasiswa
untuk mengembangkan kemampuan manajemen berpikir yang baik sehingga
menunjukan prestasi akademik yang baik pula. Di sisi lain, pilihan strategi terendah
dapat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, kurikulum, perasaan, suasana hati, dan
sikap dari mahasiswa yang sulit dipresiksi.
Kata kunci: strategi belajar bahasa, siswa sukses.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200