METADISCOURSE MARKERS IN THE UNDERGRADUATE THESIS INTRODUCTION WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS OF THE UNIVERSITY OF BENGKULU

Agustinos, Putri and Safnil, Safnil and Syahrial, Syahrial (2018) METADISCOURSE MARKERS IN THE UNDERGRADUATE THESIS INTRODUCTION WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS OF THE UNIVERSITY OF BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRI AGUSTINOS A1B014037.pdf] Text
SKRIPSI PUTRI AGUSTINOS A1B014037.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Agustinos, P. (2018). Metadiscourse Markers In The Undergraduate Thesis
Introduction Written By English Department Students In Bengkulu
University. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan
Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis metadiskursus dan kategori
metadikursus bahasa yang digunakan dalam pendahuluan skripsi Bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan teknis ceklis table dan dokumentasi. Lima belas
pendahuluan skripsi bahasa Inggris oleh mahasiswa program studi Bahasa Inggris
dianalisa menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif gabungan dengan
pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori
metadiskursus yang secara dominan digunakan oleh mahasiswa program studi
pendidikan Bahasa Inggris adalah metadiskursus interaktif. Dan bentuk
metadiskursus yang secara dominan digunakkan oleh mahasiswa program studi
pendidikan Bahasa Inggris adalah metadiskursus transisi. Akan tetapi,
penggunaan metadiskursus mahasiswa program studi Bahasa Inggris masih
terbatas pada penggunaan and, or dan but. Kesimpulan yang dapat ditarik dari
penelitian ini adalah baik dari segi kategori maupun bentuk metadiskursus yang
digunakan dalam tulisan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris
dianggap baik sesuai dengan penelitian sebelumnya dalam ranah akademik
tertulis. Sangat dianjurkan bagi instruktur program Pendidikan Bahasa Inggris
untuk memasukkan materi metadiskursus dalam berbagai topik terpadu mata
pelajaran menulis seperti Report Writing, Academic Writing, dan Discourse
Analysis. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih jauh terkait
penggunaan metadiskursus yang tepat oleh mahasiswa program studi pendidikan
Bahasa Inggris dalam pendahuluan skripsi sarjana yang akan mengarah pada hasil
temuan kontributif dalam ranah metadiskursus.
Kata Kunci: Pendahuluan skripsi sarjana, metadiskursus, mahasiswa Bahasa
Inggris.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item
View Item