Fatonah, Rahmadani Siti and Sofyan, Dedi and Mei, Hardiah (2018) AN ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHERS OF MAN 1 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RAHMADANI SITI FATONAH (A1B014042) - SKRIPSI.pdf [thumbnail of RAHMADANI SITI FATONAH (A1B014042) - SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RAHMADANI SITI FATONAH (A1B014042) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Fatonah, Rahmadani Siti. 2018. An Analysis of Communication Strategies
Used by English Teachers of MAN 1 Bengkulu. Supervisor Dr.
Dedi Sofyan, M.Hum and Co. Supervisor Mei Hardiah S. S. M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan salah satu komponen dari kompetensi
komunikasi (communicative competence) yakni strategi komunikasi
(communication strategy) yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1
Bengkulu dan strategi yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN
Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris di
MAN 1 Bengkulu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode
campuran antara kualitatif dan kuantitatif, data diperoleh dari hasil transkripsi
rekaman video dan lembar observasi. Transkripsi diperoleh dari hasil rekaman
video selama sembilan puluh menit setiap satu orang guru. Lembar observasi
terdiri atas sub kategori dari strategi komuikasi berdasarkan teori Celce Murcia
(1995), turus, angka, dan data. Sebuah rumus dari Sudijono (2010) untuk mencari
persentase digunakan untuk menemukan srategi komunikasi mana yang dominan
digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu. Hasil dari analisis data
meunjukkan bahwa tujuh dari total enam belas sub kategori strategi komunikasi
tidak digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu. Sub kategori dari
strategi komunikasi yang digunakan oleh guru antara lain: restructuring (0.42%),
nonverbal signals (6.30%), code switching (34.90%), using
gambits/fillers/hesitation device (21.00%), self and other repetition (8.40%), self
initiated repair (4.62%), self-rephrasing (2.94%), appeals for help (10.50%), and
meaning negotiation (10.92%). Temuan tersebut menunjukkan bahwa strategi
yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN Bengkulu dalam
berkomunikasi dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah achievement
or compensatory strategy dengan total persentase 41.62%.
Keywords: communicative competence and communication strategy.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14323 |