PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL INKUIRI DI KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Sitorus, Marlina and Yulistio, Didi and Padi, Utomo (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL INKUIRI DI KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Menulis Teks Negosiasi dengan Model Inkuiri siswa Kelas X
SMA Negeri 6 Kota Bengkulu sesuai komponen RPP dalam Kurikulum 2013 dan
(2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi
dengan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa RPP dan
proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model inkuiri.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP
menulis teks negosiasi dengan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota
Bengkulu mencakup unsur identitas sekolah, satuan mata pelajaran,
kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan, model
pembelajaran, media, alat dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, dan penilaian proses hasil belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran
menulis teks negosiasi dengan model inkuiri siswa kelas X MIPA A SMA Negeri
6 Kota Bengkulu, dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah model
pembelajaran inkuiri dengan tahap sebagai berikut (1) orientasi, (2) merumuskan
masalah, (3) mengajukan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji
hipotesis, (6) merumuskan kesimpulan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini
adalah RPP menulis teks negosiasi yang disusun guru didapati sesuai komponen- komponen RPP dalam Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks
negosiasi tidak sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pembelajaran model
inkuiri. Komponen pembelajaran inkuiri yang tidak diterapkan dalam
pembelajaran menulis teks negosiasi di antaranya langkah merumuskan masalah
dan mengajukan hipotesis.
Kata Kunci: RPP, Inkuiri, Menulis, Negosiasi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:25
Last Modified: 16 Aug 2023 04:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item
View Item