STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU

Fernando, Okta and Suhartono, Suhartono and Agus, Joko Purwadi (2018) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_OKTA FERNANDO_A1A014034.pdf] Text
SKRIPSI_OKTA FERNANDO_A1A014034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Fernando, Okta. 2018. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Menulis Pantun dengan Menerapkan Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) dan Konvensional di Kelas VII SMPN 4
Kota Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Suhartono, M.Pd. dan Pembimbing
Pendamping Drs. Agus Djoko Purwadi, M.Pd. Program Studi Pendidikan S1
Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Menulis Pantun
Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dengan Model Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMPN 4 Kota
Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental
dengan menggunakan intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah
deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (model CIRC)
dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara
bergantian antara dua kelas VII 5 ( kelas eksperimen) dan VII 6 ( kelas kontrol)
yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan
perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan
model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t�hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen (menggunakan model CIRC)
yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai
rata-rata untuk kelas kontrol (model konvensional) yang diperoleh siswa sebesar
79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara
kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Pantun, Model CIRC

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:03
Last Modified: 08 Aug 2023 09:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200