Astuti, Pipit Widia and Ariesta, Ria and Padi, Utomo (2018) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BUATAN GURU BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ANALISISRPPpie (1).pdf [thumbnail of ANALISISRPPpie (1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISISRPPpie (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Astuti, Pipit Widia 2014. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Buatan
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Program (S-1)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Ria Ariesta, M.Pd. dan
Pembimbing Pendamping Drs. Padi Utomo, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahi komponen RPP yang dibuat guru Bahasa
Indonesia SMP Negeri 1 Kota Bengkulu berdasarkan ketentuan-ketentuan pada Kurikulum
2013. Data dalam penelitian ini berupa rumusan komponen RPP yang dibuat guru bahasa
Indonesia SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini berupa RPP
yang dibuat guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam
penelitian ini yaitu: 1) Pengumpulan RPP, Membacara RPP, 3) Menganalisis RPP, 4)
Menginterpretasi, 5) Evaluasi, 6) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian dari RPP buatan
guru Bahasa Indonesia sudah mencakup komponen 1) Penulisan identitas mencakup nama
sekolah, mata pelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu, 2) Kompetensi inti yang ditulis
guru sudah sesuai dengan kompetensi inti yang tertuang dam Kurikulum 2013, 3)
kompetensi dasardan indikator, Kompetensi dasar yang dibuat dalam RPP buatan guru
bahasa Indonesia sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang ada dalam Kurikulum 2013
serta penulisan indikator ketercapaian telah menggunakan kata kerja oprasional, rumusan
sudah sesuai dengan aspek pengetahuan dan ketrerampilan. 4) Tujuan pembelajaran yang
dibuat guru bahasa Indonesia hanya mencakup komponen ABC, dan tujuan pembelajaran
hanya mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan, 5) Materi pembelajaran yang dibuat
guru sudah memuat fakta, konsep dan prosedur, 6) Metode pembelajaran yang dibuat guru
yaitu tanya jawab, diskusi dan penugasan, 8) Media pembelajaran yang ditulis yaitu infocus
dan laptop, sumber belajar yang ditulis guru yaitu berupa buku pegangan siswa, guru dan
buku-buku yang ada diperpustakaan sekolah, 9) Penilaian dalam RPP buatan guru sudah
mengacu pada penilaian Autentik yang mencakup jurnal pengamatan sikap, penilaian
pengetahuan dan keterampilan.
Kata kunci: Analisis, RPP, Bahasa Indonesia, Kurikulum 201
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:41 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14393 |