Efrizal, Rian and Ariesta, Ria and Didi, Yulistio (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Rian Efrizal A1A014039.pdf [thumbnail of Skripsi Rian Efrizal A1A014039.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rian Efrizal A1A014039.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Rian Efrizal. 2018. Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan
Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.
Skripsi, Progaram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu. Pembimbing: (I) Dr. Ria Ariesta, M. Pd., (II) Dr. Didi
Yulistio, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan
menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes kemampuan siswa menulis
puisi dengan model pembelajaran yang berbeda dan diterapkan pada kelas yang
berbeda. Pada siswa kelas VIII D belajar dengan menggunakan model
pembelajaran example non example dan pada siswa kelas VIII E belajar dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example
non example hasil nilai rata-ratanya 73,4782609 yang termasuk dalam kategori
baik, (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional nila rata-ratanya 60,7826087 yang termasuk dalam kategori cukup,
dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan
model pembelajaran example non example dengan mengggunakan model
pembelajaran konvensional, dengan demikian Ha diterima.
Kata kunci: Menulis, Puisi, Exampel Non Exmple, Konvensional.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14403 |