PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Septi and Ariesta, Ria and Arono, Arono (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SEPTI PRATIWI A1A014007 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.pdf] Text
SEPTI PRATIWI A1A014007 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Septi Pratiwi. 2014. Pelaksanan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4
Kota Bengkulu. Skripsi Program Sarjan (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia.
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Ria Ariesta, M.Pd. dan
Pembimbing Pendamping Dr. Arono, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru dan pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada
pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang dilakukan di Kelas VIII SMP
Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru
Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 dan siswa kelas VIII.5. Hasil
penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat
sebuah perencanan pembelajaran terlebih dahulu, yaitu dengan menyusun RPP dan
menentukan tugas proyek yang akan diberikan. Langkah-langkah pembelajaran yang
digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek, yaitu penentuan proyek,
perencanan proyek, penyususnan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil
proyek, dan penilian. Berdasarkan enam langkah pembelajaran yang dilaksanakan
terdapat dua tahapan pembelajaran yang tidak teroptimalkan, yaitu pada tahap
penyusunan jadawal dan penilaian proyek.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran Bahasa Indonesia,
Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:44
Last Modified: 09 Aug 2023 02:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200