PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LEBONG

Dafa, Yori Hayyan and Arifin, M. and Agus, Trianto (2022) PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Yori Hayyan Dafa.pdf] Text
SKRIPSI Yori Hayyan Dafa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dafa, Yori Hayyan. 2021. Pembelajaran Teks Eksplanasi Menggunakan
Aplikasi Powtoon Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Skripsi.
Bengkulu: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Drs. M. Arifin, M.Pd,
dan Pembimbing Pendamping: Dr. Agus Trianto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
teks eksplanasi menggunakan aplikasi powtoon untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA
Negeri 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lebong dan Waktu
penelitian akan dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru pada bulan September
Tahun 2021, Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat
dengan memberikan selembaran pertanyaan seputar powtoon dan sumber data
dalam penelitian ini ada 2 yaitu, sumber data yaitu guru mata pelajaran bahasa
indonesia SMA Negeri1 Lebong dan 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1
Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) dan
dokumentasi.Teknik analisis Instrumen dalam peneilitian ini ada dua yaitu
pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data mengdaptasi
dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran teks
eksplanasi dengan menggunakan media berbasis aplikasi powtoon siswa kelas XI
IPA 1 SMA Negeri 1 sudah dilaksanakan sesuai dengan dengan kurikulum 2013,
yaitu terdapat tahap pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada saat proses pembelajaran
dengan menggunakan aplikasi powtoon ini siswa lebih tertarik memperhatikan dan
menyimak materi pembelajaran yang ditampilkan dalam bentuk video animasi serta
memiliki karakter yang bergerak dibandingkan dengan tanpa menggunakan aplikasi
powtoon pembelajaran akan sangat monoton dan juga kurang menyenangkan,
dengan adanya powtoon ini akan membuat guru menjadi kreatif dalam membuat
materi pembelajaran menjadi semenarik mungin agar membuat siswa senang
dengan materi yang akan diajarkan sehiingga akan membuat susana belajar menjadi
menyenangkan. Kemudian komponen pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari
tujuan pembelajaran, alat dan bahan pembelajaran, model pembelajaran, sumber
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta seluruh pelaksanaan pembelajaran
sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Eksplanasi, Aplikasi Powtoon,

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:36
Last Modified: 09 Aug 2023 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item
View Item