KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN TEMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

Noprilia, Noprilia and Utomo, Padi and Didi, Yulistio (2022) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN TEMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of S. Noprilia.pdf] Text
S. Noprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Noprilia 2021. Kemampuan Menulis Cerpen dengan Tema Pandemi Covid-19 pada
Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Pembimbing utama Drs. Padi Utomo, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dr.
Didi Yulistio. M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen dengan tema
Pademi Covid-19 pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.
Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu semua siswa
kelas XII IPA dan IPS SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel
menggunakan simple total yaitu sebanyak 61 orang siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes. Kemampuan menulis cerpen dinilai dari lima aspek, kesesuaian
tema dengan isi, struktur teks, diksi atau pilihan kata, kalimat gaya bahasa, ejaan Bahasa
Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik sederhana dengan menghitung
nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan tema
Pandemi Covid-19 pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu berkategori
cukup dengan rata-rata skor 60,03 artinya bahwa proses pembelajaran menulis teks cerpen di
sekolah secara keseluruhan sudah baik namun belum begitu maksimal. Berdasarkan aspek
kesesuaian tema dengan isi kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 16,9 dengan kategori
tinggi, aspek struktur teks kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 13,1 dengan kategori
tinggi, aspek diksi atau pilihan kata kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 10,5 dengan
kategori cukup, aspek kalimat gaya bahasa kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 13,2
dengan kategori cukup, dan pada aspek ejaan Bahasa Indonesia kemampuan menulis cerpen
siswa rata-rata 4,9 dengan kategori rendah.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen, Pandemi Covid-19, Aspek.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:36
Last Modified: 09 Aug 2023 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item
View Item