Ningrum, Dinda Fiola and Sabarudin, Syafrizal and Kasmaini, Kasmaini (2022) LEARNER AUTONOMY LEVEL BASED ON LANGUAGE LEARNING DIMENSION OF 3RD SEMESTER STUDENTS IN THE SPEAKING FOR DISCUSSION CLASS AT BENGKULU UNIVERSITY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS FIX DINDA FIOLA NINGRUM-A1B018039.pdf [thumbnail of THESIS FIX DINDA FIOLA NINGRUM-A1B018039.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS FIX DINDA FIOLA NINGRUM-A1B018039.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Ningrum, Dinda Fiola. (2022). Learner Autonomy Level Based on Language
Learning Dimension of 3rd Semester Students in Speaking for Discussion
Class at Bengkulu University. Undergraduate Thesis. English Education Study
Program of Language and Art Department. Faculty of Teacher Training and
Education. University of Bengkulu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat otonomi pembelajar
berdasarkan dimensi pembelajaran bahasa mahasiswa semester 3 pada kelas speaking
for discussion khususnya di Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling yang
melibatkan 114 mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Bengkulu tahun ajaran 2020. Instrumen penelitian ini adalah angket yang
diadaptasi dari Gholami (2016) yang disumbangkan melalui google form yang terdiri
dari 43 pernyataan dengan empat pilihan jawaban: selalu benar, sebagian besar benar,
jarang benar, dan tidak pernah benar. Dari 114 populasi, t80 responden yang
mengembalikan kuesioner.. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari setiap
dimensi adalah 2.69. Hal ini berarti mahasiswa semester 3 di kelas Speaking for
Discussion dikategorikan pada level Autonomous berdasarkan dimensi-dimensi
pembelajaran bahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3
pada kelas Speaking for Discussion telah berada pada tingkat autonomous yang
menunjukkan mereka sudah mandiri ketika belajar di kelas Speaking for Discussion.
Dari hasil yang telah didapatkan, disarankan kepada dosen-dosen untuk memberikan
metode yang sesuai dengan mahasiswa agar dapat menjaga serta meningkatkan
tingkat kemandirian siswa.
Kata kunci: Tingkat Kemandirian Siswa, Kelas Berbicara untuk Berdiskusi, Dimensi
Pembelajaran Bahasa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 01:56 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 08:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14472 |