Alfianty, Fifi and Mulyadi, Mulyadi and Alamsyah, Harahap (2022) ANALYSING 7th SEMESTER S TUDENTS’ DIFFICULTIES ON PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL ASPECTS DURING TEACHING PRACTICUM AT SMP N 10 BENGKULU CITY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Fifi Alfianty-S1 Skripsi.pdf [thumbnail of Fifi Alfianty-S1 Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fifi Alfianty-S1 Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Praktik mengajar adalah pembelajaran akhir bagi masiswa keguruan pada
sebuah Universitas. Praktik mengajar adalah tempat bagi mahasiswa keguruan
untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah ia pelajari di Universitas.
Mereka di tempatkan pada suatu sekolah kurang lebih selama dua bulan. Saat
praktik mengajar berlangsung, mahasiswa keguruan menghadapi langsung suasasa
kelas, kondisi, dan siswa-siswa. Mereka juga melaksanakan tugas seperti seorang
guru. Kurangnya pengalaman praktik mengajar bagi mahasiswa keguruan
memungkinkan mereka menghadapi kesulitan. Mahasiswa keguruan di masa
mendatang akan menjadi seorang guru dan harus memiliki kualifikasi kompetensi
mengajar. Hal menjadi landasan bagi peneliti untuk mengambil topik kesulitan
mahasiswa magang selama praktik pada aspek pedagogi dan professional dengan
alasan aspek pedagogi dan professional lebih berkaitan langsung kepada mahasiswa
keguruan saat mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tematik
analisis untuk mengurutkan data. Partisipan penelitian ini adalah mahasisa magang
dan guru bahasa Inggris di SMP N 10. Oleh sebab itu penelitian ini adalah penelitian
studi kasus yang telah dilakukan pada bulan Desember tahun 2021 – Januari 2022.
Data dari penelitian telah melalui proses trinagulasi untuk menguji keabsahan data.
Secara singkatnya, hasil dari penemuaan kesulitan mahasiswa keguruan selama
praktik mengajar yaitu : 1. Kesulitan pada aspek pedagogi meliputi : pemahaman
karakteristik siswa, identifikasi potensi siswa, menentukan kesuksesan belajar
siswa dari hasil penilaian dan evaluasi, serta menyediakan aktifitas belajar lain. 2.
Kesulitan pada aspek professional terdapat pada : menguasai cabang ilmu bahasa
Inggris. Kesimpulan nya adalah ditemukannya ¼ indikasi sebagai kesulitan dari
keseluruhan aspek pedagoguk dan profesional.
Kata kunci : Praktik Mengajar, Pegagogik, dan Profesional.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14475 |