Sari, Nike Puspita and Puspita, Hilda and Syafrial, Syafrial (2022) DEVELOPING INTEGRATED ENGLISH SYLLABUS FOR PHARMACY STUDENTS OF BENGKULU UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2021-2022. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NIKE PUSPITA SARI (A1B018012).pdf [thumbnail of SKRIPSI NIKE PUSPITA SARI (A1B018012).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIKE PUSPITA SARI (A1B018012).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Sari, Nike Puspita. 2022. Developing Integrated English Syllabus for Pharmacy
Students of Bengkulu University in Academic Year 2021-2022. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris yang
dibutuhkan mahasiswa di jurusan Farmasi Universitas Bengkulu dan merancang
silabus bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Metode penelitian
ini menerapkan research and development (R&D). Populasi penelitian ini terdiri dari
350 mahasiswa Farmasi, 1 dosen Farmasi, 1 dosen Bahasa Inggris dan 2 Apoteker.
Random sampling digunakan untuk memilih sampel 50 mahasiswa farmasi dan
teknik total sampling diambil 2 dosen dan 2 apoteker. Data dikumpulkan dari
kuesioner yang diadaptasi dari Jatmiko, S.B. (2016) dan wawancara. Peneliti
menganalisis data dengan menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa keterampilan mendengarkan mencapai 23%, keterampilan berbicara mencapai
28%, keterampilan membaca mencapai 25% dan keterampilan menulis mencapai
24%. Dari data tersebut dapat diperoleh bahwa persentase tertinggi ada pada
berbicara namun persentase antara keterampilan lain tidak jauh berbeda. Oleh Karena
Itu dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis data, silabus dirancang berdasarkan
pendekatan Terpadu yang telah divalidasi dan didiskusikan dengan beberapa ahli.
Disarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan materi English for
Pharmacy berdasarkan silabus bahasa Inggris terintegrasi dari penelitian ini.
Kata kunci: Silabus, Farmasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:21 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14497 |