LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY INDONESIAN STUDENTS' AT THE UNIVERSITY OF LEEDS IN THE UNITED KINGDOM

Indah, Nopita Nurpa and Yunita, Wisma and Ira, Maisarah (2022) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY INDONESIAN STUDENTS' AT THE UNIVERSITY OF LEEDS IN THE UNITED KINGDOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI NOPITA NURPA INDAH (A1B018008).pdf] Text
SKRIPSI NOPITA NURPA INDAH (A1B018008).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah, Nopita Nurpa. (2022). Language Learning Strategies used by Indonesian
Students at University of Leeds in the United Kingdom. Skripsi S1 Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Bengkulu.
PU: Dr. Wisma Yunita, M.Pd. PP : Dr. Ira Maisarah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Bahasa yang digunakan
oleh mahasiswa Indonesia selama belajar di Universitas Leeds di Inggris, hambatan yang
dihadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran dan cara mengatasi hambatan dalam
menerapkan strategi pembelajaran. Partisipan dari penelitian ini adalah 30 mahasiswa
Indonesia yang kuliah di University of Leeds. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian campuran. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner
diadopsi dari teori Oxford yang terdiri dari 50 pernyataan dengan lima pilihan jawaban:
Tidak pernah atau hampir tidak pernah benar, biasanya tidak benar, agak benar, biasanya
benar, dan selalu atau hampir selalu benar yang didistribusikan melalui formulir Google.
Kemudian, peneliti melakukan wawancara melalui zoom meeting yang berfokus pada
alasan dan pengalaman partisipan dengan strategi pembelajaran bahasa yang mereka
gunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa Indonesia yang belajar
di Universitas Leeds dominan menggunakan strategi Kognitif, Metakognitif dan Social
(2) Mahasiswa Indonesia menghadapi beberapa hambatan dalam menerapkan strategi
pembelajaran dan itu berasal dari dua faktor; faktor internal dan eksternal. (3) Mahasiswa
Indonesia memiliki solusi tersendiri untuk mengatasi kendala dalam menerapkan strategi
pembelajaran, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor tersebut yaitu
kebiasaan belajar dan konsentrasi belajar diatasi dengan menetapkan tujuan sendiri
dimana responden belajar untuk mencapai sesuatu dan merekam proses belajar-mengajar
untuk memeriksa kesenjangan materi untuk menghindari kesalahpahaman dari kuliah.
Kemudian untuk menghadapi perbedaan kepribadian dosen dengan bertanya kepada
seniornya, agar mahasiswa dapat mempersiapkan strategi belajarnya dengan baik sebelum
belajar. Sedangkan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat lokal,
mahasiswa Indonesia mencari warga lokal yang memiliki kesamaan tujuan atau latar
belakang, seperti teman mahasiswa lokal yang kuliah di universitas yang sama, sehingga
topik pembicaraan akan lebih terarah dan bertujuan. Dengan hasil yang diperoleh dari
penelitian ini, maka direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke
luar negeri untuk mencari dan mempraktekkan berbagai macam strategi pembelajaran
bahasa agar dapat mengetahui strategi pembelajaran yang tepat yang dapat diterapkan
dalam situasi yang berbeda.
Kata Kunci : Strategi-strategi pembelajaran bahasa, Mahasiswa Indonesia, Inggris.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:21
Last Modified: 16 Aug 2023 08:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14498

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200