Apriana, Serla and Sofyan, Dedi and Azhar, Aziz Lubis (2022) HIGHER ORDER THINKING SKILLS ANALYSIS ON TEACHER-MADE TESTS (A Mixed Method Research at SMAN 2 Bengkulu in The Academic Year of 2021/2022). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Serla Apriana (A1B016023) FKIP BHS INGGRIS.pdf [thumbnail of Serla Apriana (A1B016023) FKIP BHS INGGRIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Serla Apriana (A1B016023) FKIP BHS INGGRIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Apriana, Serla. 2022. Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi pada Tes
Buatan Guru (Penelitian Pendekatan Metode Campuran di SMAN 2
Bengkulu Tahun Ajaran Akademik 2021/2022). Pembimbing I. Dr.
Dedi Sofyan, S.Pd., M.Hum., Pembimbing II: Azhar Aziz Lubis.,
M.Pd.
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) adalah kemampuan untuk befikiri
secara kritis, kreatif, logis, dan reflektif. Kemampuan ini sudah tertuang dalam
kurikulum 2013 sehingga guru harus menerapkannya dalam proses belajar mengajar,
termasuk dalam menyusun tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki
proporsi KBTT pada tes buatan guru bahasa Inggris berdasarkan taksonomi Bloom
yang direvisi dan menyelidiki kualitas tes buatan guru dilihat dari proporsi KBTT.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan menggunakan pendekatan
metode campuran. Data penelitian ini adalah tes buatan guru yang terdiri dari 136
soal yang disusun oleh lima guru bahasa Inggris SMAN 2 Kota Bengkulu pada tahun
ajaran 2021/2022. Data dianalisis dengan memahami kata kerja operasional yang
digunakan dalam setiap item tes buatan guru berdasarkan domain kognitif taksonomi
Bloom yang direvisi. Kemudian, data dimasukkan ke dalam tabel cheklist
berdasarkan masing-masing kategori domain kognitif. Setelah itu, data dihitung
secara kuantitatif dan diinterpretasikan secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis,
diperoleh hasil bahwa proporsi KBTT lebih rendah dibandingkan dengan
Kemampuan Berpikir Tingkat Rendah (KBTR) dari semua soal pada tes buatan guru.
Domain kognitif taksonomi Bloom yang paling sering ditemukan pada tes buatan
guru adalah C2 (Memahami), diikuti oleh C4 (Menganalisis), C3 (Menerapkan), C1
(Mengingat), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Apalagi kualitas tes buatan
guru dilihat dari proporsi KBTT berada dalam kriteria yang kurang proporsional.
Kesimpulannya, temuan menunjukkan bahwa menyusun tes berdasarkan prinsip
HOTS tampaknya masih bermasalah bagi guru bahasa Inggris SMA
Katakunci: Taksonomi Bloom, guru bahasa Inggris, kemampuan berpikir tingkat
tinggi, tes buatan guru
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14504 |