THE ENGLISH LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Mahfuzh, M Rifqi and Mulyadi, Mulyadi and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) THE ENGLISH LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD RIFQI MAHFUZH (A1B017051).pdf] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIFQI MAHFUZH (A1B017051).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahfuzh, M Rifqi. 2022. The English Learning Strategies Used by Successful
Students of English Department at University of Bengkulu. Supervisor
Mulyadi, M.A. and Co-Supervisor Sufiyandi, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran bahasa yang
digunakan oleh Mahasiswa dan dikategorikan ke dalam enam kategori yaitu memori,
kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial berdasarkan Oxford (1990).
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas
Bengkulu tahun ajaran 2018 dan 2019 yang memiliki IPK 3,75 hingga 4,00.
Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen. Populasi dalam
penelitian ini adalah 176 siswa dan sampel sebanyak 25 siswa. Kuesioner terdiri dari
50 item berdasarkan Oxford Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi
7.0. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2010 untuk menemukan
strategi yang paling dominan digunakan oleh siswa. Hasil dari kuesioner
menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menggunakan lebih dari satu strategi
pembelajaran bahasa, termasuk memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif,
dan strategi sosial. Strategi dominan yang digunakan oleh siswa yang berhasil adalah
metakognitif dengan skor rata-rata 3,94, diikuti oleh kognitif (3,70), kompensasi
(3,55), memori (3,43), Sosial (3,39), dan strategi afektif (3,31). Strategi metakognitif
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa yang berhasil
dalam belajar bahasa. Strategi metakognitif dapat membantu siswa untuk
mengembangkan kemampuan manajemen berpikir yang baik. Hal ini juga
menciptakan prestasi akademik yang baik. Di sisi lain, hasil wawancara menunjukkan
bahwa alasan siswa menerapkan strategi tersebut adalah Peningkatan, Mudah,
menyenangkan, efektif, nyaman, bervariasi dan menarik.
Keywords: Strategi Pembelajaran Bahasa, Mahasiswa sukses

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:24
Last Modified: 10 Aug 2023 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14521

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor