AN ANALYSIS OF CULTURE SHOCK FACED BY INDONESIAN STUDENTS IN NATIVE ENGLISH-SPEAKING COUNTRIES

Arifin, Aulia and Kurniawan, Ildi and Azhar, Aziz Lubis (2022) AN ANALYSIS OF CULTURE SHOCK FACED BY INDONESIAN STUDENTS IN NATIVE ENGLISH-SPEAKING COUNTRIES. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi-Aulia Arifin-A1B018005.pdf] Text
Skripsi-Aulia Arifin-A1B018005.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Arifin, Aulia. (2022). An Analysis of Culture Shock Faced by
Indonesian Students in Native English-Speaking
Countries. Undergraduate Thesis. English Education
Study Program of Language and Art Department.
Faculty of Teacher Training and Education. University
of Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa
Indonesia di negara-negara penutur asli bahasa Inggris mengalami
gegar budaya di lingkungan akademik dan bagaimana mahasiswa
Indonesia menghadapi gegar budaya. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian metode campuran dan berfokus pada teori
Winkelman dan Xia. Peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara
sebagai instrumen penelitian untuk sepuluh mahasiswa Indonesia
yang belajar di negara-negara penutur asli bahasa Inggris. Temuan
pertama menunjukkan ada empat tahapan gegar budaya yang dihadapi
mahasiswa Indonesia. Seperti fase bulan madu atau wisata karena
keseruan, keramahan, pemandangan, dan pengalaman baru dalam
aspek kuliah, seperti layanan konseling gratis mahasiswa Indonesia
untuk kesehatan mahasiswa seperti kesehatan mental dan gizi. Kedua,
krisis atau gegar budaya karena kendala bahasa, rasa tidak hormat,
emosi, dan aspek kerinduan. Ketiga, fase penyesuaian, reorientasi,
dan pemulihan bertahap, yang meliputi aspek pemulihan kerinduan
dan lingkungan sosial. Terakhir adalah fase adaptasi, resolusi atau
akulturasi karena aspek emosi dan pengambilan suatu peristiwa.
Temuan kedua menunjukkan bagaimana mahasiswa Indonesia
mengatasi kejutan budaya dengan empat strategi adaptasi: percaya
diri dan optimisme; menerima budaya baru; mencari dukungan sosial;
dan melakukan sesuatu, bahkan melakukan sesuatu tidak termasuk
dalam teori Xia. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk
memberikan pemahaman tentang gegar budaya dan cara
mengatasinya. Saran dari penelitian ini adalah untuk lebih mengkaji
aspek-aspek gegar budaya dan cerita-cerita unik dari para responden
yang akan berdampak pada mahasiswa di perguruan tinggi.
Kata Kunci: gegar budaya, mahasiswa Indonesia, lingkungan akademik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:24
Last Modified: 10 Aug 2023 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item
View Item