PENGEMBANGAN MODUL SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA (Research and Development)

Fadilah, Heni and Dedy, Hamdani and Andik, Purwanto (2020) PENGEMBANGAN MODUL SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MASUKKAN cd.pdf] Text
SKRIPSI MASUKKAN cd.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul suhu dan kalor dengan
pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi sains peserta didik di SMA; 2)
mengetahui karakteristik modul suhu dan kalor yang dikembangkan dengan
pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi sains peserta didik di SMA; dan 3)
mengetahui kelayakan penggunaan modul suhu dan kalor dengan pendekatan
saintifik untuk melatihkan literasi sains peserta didik di SMA. Penelitian ini
dilakukan dengan desain 4-D yang memiliki empat tahap yaitu tahap Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan, dan
Desseminate (Penyebaran), namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai
tahap Develop. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar validasi ahli yang berisi aspek materi, aspek karakteristik modul, aspek
bahasa dan aspek media. Adapun karakteristik modul yang dikembangkan,
terdapat langkah pendekatan saintifik pada konsep dan lembar kegiatan mandiri.
Terdapat soal teori, soal hitungan dan soal literasi sains untuk melatihkan
kemampuan literasi sains peserta didik. Berdasarkan hasil uji validasi produk oleh
ahli diperoleh skor rata-rata dengan persentase 75% untuk aspek materi, 84,37%
untuk aspek karakteristik modul, 83,33% untuk aspek bahasa, dan 79,16% untuk
aspek media, sehingga total skor rata-rata adalah 80,46% yang termasuk ke dalam
kategori sangat baik. Dengan demikian modul suhu dan kalor dengan pendekatan
saintifik untuk melatihkan literasi sains peserta didik di SMA menjadi produk jadi
yang layak digunakan untuk uji lapangan.
Kata kunci: Suhu dan kalor, pendekatan saintifik, literasi sains

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:48
Last Modified: 23 Aug 2023 07:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14590

Actions (login required)

View Item
View Item