Nababan, Rumaya and Nyoman, Rohadi (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS MODEL MENTAL DAN BERPOLA MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RUMAYA NABABAN (A1E016012).pdf [thumbnail of SKRIPSI RUMAYA NABABAN (A1E016012).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI RUMAYA NABABAN (A1E016012).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Perangkat pembelajaran dibutuhkan sebagai sumber belajar agar proses 
kegiatan pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, mampu 
mengkontruksi pengetahuannya dalam pembelajaran. Penggunaan model 
pembelajaran yang efektif dan memiliki tujuan yang sama akan mampu 
mengembangkan motivasi siswa untuk aktif dalam belajar. Dalam penelitian ini 
menggunakan pengembangan yang berbasis model mental dan berpola model 
pembelajaran generatif dipandang mampu mengembangkan hal tersebut. Tujuan 
penelitian ini adalah mengetahui validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran 
getaran harmonis berbasis model mental dan berpola model pembelajaran 
generatif untuk diujicobakan. Aspek validitas yang digunakan dalam penelitian ini 
yaitu format/ konstruksi, isi, dan bahasa. Perangkat pembelajaran akan dikatakan 
valid jika hasil penilaian para tim ahli menyatakan bahwa aspek perangkat 
pembelajaran mendukung pembelajaran dan komponen yang terkandung
konsisten, serta menggunakan bahasa yang baik atau sesuai dengan ejaan yang 
disempurnakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 3-D yang terdiri dari 
tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (design).
Persentase rata- rata penilaian dari data lembar validasi ahli terhadap RPP, Materi 
Ajar, LKS, dan Tes Hasil Belajar adalah . Hasil penelitian menunjukkan 
bahwa perangkat pembelajaran mendapatkan penilaian dengan kriteria 
interpretasinya “sangat valid” sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat 
pembelajaran layak digunakan untuk diujicobakan.
Kata Kunci: Model Mental, Pembelajaran Generatif, Getaran Harmonis.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:06 | 
| Last Modified: | 24 Aug 2023 02:06 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14608 | 

