ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Niqmah, Nurul and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang terjadi
dan mengidentifikasi hal-hal penyebab miskonsepsi siswa kelas XI MIPA
pada materi kesetimbangan ion dalam larutan di MAN 1 Kota Bengkulu
Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari
- Maret 2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel menggunakn purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3, dan MIPA 4.
Instrumen yang digunakan berupa soal uraian yang disertai metode
Certainty Of Response Index (CRI) dan wawancara. Berdasarkan hasil
analisis persentase miskonsepsi yang terjadi pada siswa secara
keseluruhan yaitu sebesar 29,61%. Miksonsepsi yang tertinggi terjadi
pada konsep penjelasan asam basa melalui percobaan titrasi sebesar
68,24% dan miskonsepsi terendah pada konsep menentukan kekuatan
asam basa sebesar 9%. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab
miskonsepsi paling banyak berasal dari siswa seperti cara belajar siswa
lebih banyak menghafal bukan memahami konsep, kemampuan siswa
menganalisis dan mengaitkan konsep yang berhubungan masih lemah,
serta kurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Adapun faktor eksternal
seperti kurangnya penekanan pada konsep tertentu, metode yang
digunakan dan keterbatasan sumber belajar.
Kata kunci: Miskonsepsi, penyebab miskonsepsi, Certainty of response
index (CRI), asam basa, hidrolisis garam, larutan penyangga

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:38
Last Modified: 24 Aug 2023 06:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200