Laurenttina, Sicylia and Salastri, Rohiat (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS STEM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SicyliaLaurenttina_A1F016002.pdf [thumbnail of SicyliaLaurenttina_A1F016002.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SicyliaLaurenttina_A1F016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa
terhadap penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM (Science,
Technology, Enginering and Mathematic) pada materi larutan Elektrolit dan
non elektrolit. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model
pengembangan Borg & Gall. Data penilaian ini diperoleh dari hasil
wawancara, angket validasi materi dan media, dan respon siswa pada uji
pemakaian produk. Hasil validasi ahli materi dan media didapatkan bahwa
penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan
termasuk dalam klasifikasi sangat valid dengan skor rata- rata 4.28 pada
ahli materi sedangkan validasi media diproleh nilai rata-rata 4.47 yang
berada pada rentang nilai 4,2
V
< 5. Respon siswa pada uji pemakaian
produk termasuk dalam klasifikasi sangat menarik dengan nilai rata-rata
4.6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis
pendekatan STEM pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang
telah dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk diterapkan pada
proses pembelajaran.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia,
Berbasis Pendekatan STEM, Larutan elektroit dan non elektrolit.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14682 |