PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Kristiani, Febri and Syafdi, Maizora (2020) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf] Text
Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara validitas, praktikalitas dan
efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Discovery
Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik
kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan prosedur 4-D yaitu tahap
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(develop). Penelitian dilakukan di SMP N 02 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa
36 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini
adalah lembar validitas, praktikalitas dan efektifitas LKPD. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan LKPD matematika dengan model Discovery
Learning kelas VIII di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu pada materi teorema
Pythagoras termasuk dalam kategori: (1) LKPD matematika termasuk dalam
kategori Sangat Valid dengan skor rata-rata 4,27 dengan cara (a) LKPD
menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan dengan langkah-langkah model
Discovery Learning pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan penampilan
pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi, dan (c)
penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan
kalimat tanya dan kalimat perintah sesuai pada validasi bahasa, (2) LKPD
matematika termasuk dalam kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata 4,32
dengan cara petunjuk, langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD
mudah dipahami oleh peserta didik, dan (3) LKPD Matematika termasuk dalam
kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,33 dengan persentase ketuntasan
91,43% dengan cara LKPD memiliki langkah-langkah yang memuat indikator
pemahaman konsep yaitu: a) menyatakan ulang konsep; b) mengklasifikasikan
objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; c) memberi contoh
dan bukan contoh dari suatu konsep; d) menyajikan konsep dalam berbagai
bentuk representasi matematis; e) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup
dari suatu konsep; f) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur
atau operasi tertentu; g) mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan
masalah.
Kata kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pemahaman
Konsep, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:26
Last Modified: 25 Aug 2023 07:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200