PERANAN TUTOR (USTAD DAN USTADZAH) DALAM PELAKSANAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI KEPADA PESERTA DIDIK DI TPQ PAUDIT AL HASANAH PAGAR DEWA KOTA BENGKULU

MZ, Ari Angga and Jasma, Suardi (2020) PERANAN TUTOR (USTAD DAN USTADZAH) DALAM PELAKSANAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI KEPADA PESERTA DIDIK DI TPQ PAUDIT AL HASANAH PAGAR DEWA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ARI ANGGA. MZ.pdf] Text
SKRIPSI ARI ANGGA. MZ.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati ini sistem dan cara
membacanya dengan lancar, cepat, tepat, benar, dan tartil tanpa harus dieja. Kemudian model pelaksanaannya yaitu dengan menggunakan alat peraga
untuk pelaksanaan klasikal yang berisikan materi yang ada di dalam
halaman buku jilid Qiro’ati. Pengajarnya harus melakukan pendidikan
dan pelatihan Qiro’ati sehingga mendapatkan ijazah resmi yang bisa
digunakan untuk mengajarkan metode Qiro’ati. Maka tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengetahui metode apa yang digunakan, bagaimana proses
pembelajarannya, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an
PAUDIT Al Hasanah Pagar Dewa Kota Bengkulu pada tanggal 5 Maret
sampai dengan tanggal 5 April 2019. Subyek penelitian adalah kepala dan
koordinator TPQ sendiri dan ustadzah TPQ PAUDIT Al Hasanah Pagar
Dewa Kota Bengkulu. Informan penelitian adalah kepala TPQ PAUDIT Al
Hasanah Pagar Dewa Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang
dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui
keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dilaksanakan
sebagai berikut, yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup. Persiapan pembelajaran meliputi materi tambahan berisi do’a
sehari-hari dan hafalan surat pendek sesuai jilid santri kemudian penyiapan
alat peraga yang berisikan materi pada halaman jilid Qiro’ati. Kegiatan
belajar mengajar selama 60 menit dilakukan dalam 4 bagian yaitu materi
tambahan (15 menit) praktek alat peraga (15 menit), pelaksanaan
individual buku jilid Qiro’ati (30 menit). Faktor pendukung adanya
sarana prasarana yang menunjang, sedangkan faktor penghambat yakni
lingkungan keluarga dan kurangnya minat belajar anak.
Kata Kunci: Peranan Tutor (Ustad/ Ustadzah), Pembelajaran Al Qur’an,
Metode Qiro’ati.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:28
Last Modified: 25 Aug 2023 07:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item
View Item