Normasari, Normasari, and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NORMASARI SKRIPSI.pdf [thumbnail of NORMASARI SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NORMASARI SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Teams Games
Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik di kelas IV gugus IX kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment
dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Grup Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD gugus IX Kota Bengkulu.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN 82 sebanyak 26 siswa sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 61 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan untuk tes hasil belajar pengetahuan berbentuk
soal pilihan ganda (Multiple Choice) yang diberikan melalui pretest dan sesudah
posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan
menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial, pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh thitung sebesar 3,59 dan mata pelajaran IPA
diperoleh thitung sebesar 4,60 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01,
artinya thitung lebih besar dari ttabel. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia sebesar 81,15, mata pelajaran IPA sebesar 86,53. Instrumen hasil
belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan
persentase yang dilakukan pada hasil lembar observasi, terdapat perbedaan hasil
belajar aspek sikap dan keterampilan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Teams Games Tornament, Media
Puzzle, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 08:23 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14923 |