PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SMA KELAS X BERDASARKAN KERAGAMAN TANAMAN OBAT YANG DIMANFAATKAN MASYARAKAT DESA PONDOK PANJANG KABUPATEN MUKOMUKO

Juliyanti, Erin Mei and Arief, P Yani (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SMA KELAS X BERDASARKAN KERAGAMAN TANAMAN OBAT YANG DIMANFAATKAN MASYARAKAT DESA PONDOK PANJANG KABUPATEN MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ERIN MEI JULIYANTI.pdf] Text
SKRIPSI ERIN MEI JULIYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tanaman obat yang
terdapat di Desa Pondok Panjang Kabupaten Mukomuko, untuk kemudian
diaplikasikan dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) materi keanekaragaman
hayati. Lokasi pengambilan sampel dilakukan di Desa Pondok Panjang Kabupaten
Mukomuko. Sedangkan uji respon LKPD dilakukan di Sekolah Menengah Atas
(SMA) Negeri 5 Mukomuko. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 45 spesies
(28 famili) tanaman obat yang terdapat di Desa Pondok Panjang Kabupaten
Mukomuko. Famili yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae yaitu
5 jenis tanaman. Hasil validasi terhadap LKPD yang disusun memperoleh kriteria
sangat valid, dengan nilai 89% oleh para validator dan uji respon oleh 10 peserta
didik kelas X SMAN 5 Mukomuko mendapat respon sangat baik dengan nilai
90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa desain LKPD yang
disusun layak digunakan sebagai bahan ajar tingkat SMA kelas X pada materi
keanekaragaman hayati.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Tanaman Obat, Desa Pondok
Panjang

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:24
Last Modified: 29 Aug 2023 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14926

Actions (login required)

View Item
View Item