TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN IKAN KERING DI PROVINSI BENGKULU

Nidanawati, Nidanawati and Mustopa, Romdhon and Basuki, Sigit Priyono (2021) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN IKAN KERING DI PROVINSI BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRISPI NIDANAWATI (AGRIBISNIS) .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Setiap hari, manusia tidak lepas dari kegiatan konsumsi untuk menjaga
keberlangsungan hidupnya. salah satu produk olahan ikan yang sangat diminati masyarakat
Indonesia khususnya yang ada di Provinsi Bengkulu ialah ikan kering. Tingkat kepuasan
konsumen penting untuk dilakukan, hal ini dikarenakan untuk mengetahui bagaimana
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk yang dibuat, sehingga dapat
dilakukan evaluasi terhadap atribut kualitas produk dan mampu menjaga kualitas produk.
Tujuan penelitian ini: (1) Untuk menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja
atribut produk ikan kering di Provinsi Bengkulu, (2) Untuk menganalisis tingkat kepuasan
konsumen Ikan Kering di Provinsi Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bengkulu di Kelurahan Sumber Jaya (Kota
Bengkulu) dan Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten Mukomuko). Dilaksanakan pada tanggal
18 Agustus – 18 September 2020. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental
sampling dengan dihasilkan 60 responden. Pengukuran tingkat kepentingan menggunakan
skala likert dengan jawaban penilaian konsumen (5) sangat penting, (4) penting, (3) cukup
penting, (2) kurang penting, dan (1) tidak penting. Pengukuran tingkat kinerja juga
menggunakan skala likert dengan jawaban penilaian yang sama juga yaitu (5) sangat
baik/sangat puas, (4) baik/puas, (3) cukup baik/cukup puas, (4) kurang baik/kurang puas,
(5) tidak baik/tidak puas.
Nilai IPA (Importance Performance Analysis) diperoleh kesimpulan atribut-atribut
yang nilai kepentingan dan kinerja di atas rata-rata menunjukan bahwa secara umum
konsumen merasa puas dari beberapa atribut yang dinilai. Kualitas produk ikan kering di
Provinsi Bengkulu khususnya yang pertama di Kelurahan Sumber Jaya (Kota Bengkulu)
yang perlu ditingkatkan dan dianggap penting bagi konsumen diantaranya rasa, warna
(mencolok atau tidak), kebersihan ikan kering, bau/aroma (menyengat atau tidak), tingkat
kerenyahan, pelayanan pedagang (cepat, ramah, kemampuan komunikasi), kebersihan
tempat penjualan, dan keakuratan timbangan saat melakukan penimbangan ikan kering.
Kemudian kualitas produk ikan kering yang kedua di Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten
Mukomuko) yang perlu ditingkatkan dan dianggap penting bagi konsumen diantaranya
ialah rasa, warna (mencolok atau tidak), harga, kebersihan ikan kering, bau/aroma dari
(menyengat atau tidak), tingkat kerenyahan, efek samping dari kondisi tubuh setelah
mengkonsumsi (gatal-gatal), kebersihan tempat penjualan, dan keakuratan timbangan saat
melakukan penimbangan ikan kering. Nilai Customer Satisfaction Index di Kelurahan
Sumber Jaya (Kota Bengkulu) sebesar 81,57% masuk pada kriteria sangat puas dengan
nilai CSI diantara 81% - 100%. Sedangkan untuk Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten
Mukomuko) nilai CSI sebesar 79,17% yang artinya masuk pada kriteria puas dengan nilai
CSI diantara 61% - 80%. Secara keseluruhan tingkat kepuasan konsumen ikan kering
terletak antara selang 66%≤CSI≤80,99% (kategori puas).
Kata Kunci : Konsumen, ikan kering, IPA, CSI

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:27
Last Modified: 29 Aug 2023 02:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item
View Item