ANALISIS IKLAN “CLUSTERKU BIRU” DALAM MEMBENTUK IMAGE XL DI KOTA BENGKULU

Febrianti, Yessi and Susri , Adeni and Dwi, Aji Budiman (2012) ANALISIS IKLAN “CLUSTERKU BIRU” DALAM MEMBENTUK IMAGE XL DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of YESSI FEBRIANTY-2.pdf] Text
YESSI FEBRIANTY-2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Iklan “Clusterku biru” adalah iklan yang dibuat oleh PT. XL Axiata tbk.
sebagai salah satu bentuk iklan yang menggunakan tembok dalam penyampaian
pesan dengan tujuan membangkitkan kesadaran akan brand XL dan membentuk
image positif dimata khalayak. Dengan menggunakan analisis berdasarkan unsur-
unsur, diantaranya persepsi khalayak tentang iklan, tinjauan dari perusahaan,
produk XL sebagai brand, desain iklan “Clusterku biru” serta lokasi penempatan
iklan “Clusterku biru”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
peran iklan tembok “Clusterku biru” dalam membentuk image XL di kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, yakni mencoba memperoleh gambaran sejelas-jelasnya mengenai iklan
“Clusterku biru” oleh XL demi membentuk citra XL dikota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi,
dokumentasi serta studi pustaka. Melalui iklan tembok “Clusterku biru”, XL
bertujuan membangkitkan awareness khalayak, menanamkan brand XL dibenak
khalayak dan membentuk image produk yaitu XL sebagai produk provider selular
yang Murah. Selain itu iklan “Clusterku biru” juga berperan sebagai iklan yang
menekankan kembali citra yang disampaikan oleh media primer, yaitu televisi
serta sebagai iklan pengingat dan iklan yang meneguhkan keputusan khalayak
yang telah memilih XL. Meskipun fakta yang ditemui peneliti bahwa iklan
“Clusterku biru” tidak menjadi iklan yang membentuk citra Murah pada brand XL
namun khalayak mengakui bahwa iklan ini cukup menarik perhatian dan membuat
mereka semakin ingat terhadap brand XL walaupun tidak menjadi pemicu mereka
memilih XL sebagai provider selular mereka.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Nov 2013 08:20
Last Modified: 17 Nov 2013 08:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor