Syofiana, Nova and Salastri, Rohiat (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi PDF reni A1F013056.pdf [thumbnail of skripsi PDF reni A1F013056.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi PDF reni A1F013056.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Make A Match dengan Team Games Tournament pada mata
pelajaran kimia di kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah eksperimental semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA MAN 1 kota bengkulu tahun
ajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa dan sampel dalam penelitian
ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 3 dengan jumlah seluruh sampel 74
orang. Analisis data yang digunakan yaitu nilai rata-rata, analisis angket,
uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan nilai signifikansi α = 0,05.
Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for
windows. Data hasil belajar siswa ini dilihat dari selisih nilai pretest dan
postest. Kelas eksperimen 1 memiliki selisih rata-rata sebesar 47,44 dan
kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 43,79. Sedangkan data
hasil motivasi belajar siswa dikedua kelas diperoleh dari jumlah pesentase
motivasi belajar siswa sebesar 83,84% dikategorikan sangat baik dan
77,49% dikategorikan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
secara umum hasil belajar maupun motivasi belajar siswa dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi
dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe MM. Hal ini ditunjukan
dengan thitung > ttabel, dimana 1,7515>1,6662 untuk hasil belajar dan
8,9804>1,6662 untuk motivasi belajar siswa. Dengan kata lain terdapat
perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MM) dan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT).
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Team Games Tournament,
Make A Match
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 09:19 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 09:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15063 |