Santika, Ledia and Rizkan, Rizkan (2020) CIRI-CIRI KEBERHASILAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO ( Pada Usaha Buah-buahan Ibu Wartini di Jalan Wr. Supratman, UNIB Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI LEDIA BENAR A1J016002.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI LEDIA BENAR A1J016002.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF SKRIPSI LEDIA BENAR A1J016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai ciri-ciri keberhasilan dalam
mengembangkan usaha mikro pada usaha buah-buahan Ibu Wartini di Jalan Wr.
Supratman Unib Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini
adalah pemilik usaha buah-buahan, 1 orang karyawan, 2 orang pelanggan dan 1 orang
suplayer buah. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data mengunakan teknik tringgulasi,
yaitu trianggulasi subjek, trianggulasi teknik dan tringgulasi waktu. Pertama, aspek
berorentasi pada prestasi yaitu menyediakan kulitas buah yang segar, terdapat berbagai
varian menu dari olahan buah-buahan yang disediakan, dan harga yang terjangaku untuk
semua kalangan. Kedua, aspek berani mengambil risiko yaitu adanya keberanian untuk
menyetok buah yang banyak dan berani untuk menjualkan aneka menu dari olahan
buah-buahan yang bebeda dari usaha buah-buahan pada umumnya. Ketiga, aspek
bertanggung jawab yaitu pengelola bertanggung jawab terhadap karyawan, suplayer
buah dan pelanggan baik dari pembayaran maupuan waktu karyawan masuk kerja.
keempat, kerja keras yaitu dapat dilihat dari waktu masuk jam kerja yang lebih awal
dari jam kerja. Kelima, yaitu aspek komitmen yaitu selalu berkomitmen mengenai
waktu dan tenaga yang dikeluarkan saat bekerja maupun berkomitmen jika ada
permasalahan langsung diselesaikan. Keenam, yaitu aspek memelihara dan
mengembangkan hubungan baik yaitu pengelola dengan karyawan, pelanggan dan
suplayer buah itu terdapat hubungan yang baik.
Kata kunci : keberhasilan, mengembangkan, usaha mikro
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15072 |