PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH

Auva, Aidiyana and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI AIDIYANA AUVA (A1G016007).pdf] Text
SKRIPSI AIDIYANA AUVA (A1G016007).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar Tematik
siswa kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi
Exsperiment) dengan desain The Matching Only Pretes-Posstet Control Group
Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah dan
yang menjadi sampel yaitu VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas
kontrol yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen
yang digunakan untuk aspek pengetahuan berupa tes soal pilihan ganda yang
diberikan melalui Pretest dan Posttest, sedangkan untuk aspek sikap dan aspek
keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, analisis uji hipotesis dan observasi. Dari
hasil penelitian ditemukan bahwa nilai thitung (3,25) > ttabel (2,01) pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia dan nilai thitung (2,70) > ttabel (2,01) pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari
nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran lebih baik dari kelas
kontrol yang dilaksanakan secara konvensional, sedangkan untuk aspek sikap dan
aspek keterampilan menunjukan perbedaan yang signifikan antar kedua kelas
sampel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar
Tematik siswa kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif tipe Jigsaw, Peta
Pikiran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200