Anissah, Bella and Sri, Dad (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI BELLA ANISSAH A1G016046.pdf [thumbnail of SKRIPSI BELLA ANISSAH A1G016046.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI BELLA ANISSAH A1G016046.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode mind 
mapping terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Gugus XIX Kota 
Bengkulu. Penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy
eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control 
Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus XIX Kota 
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random 
Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A SDN 69 Kota Bengkulu 
yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan V B SDN 72 Kota 
Bengkulu yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang 
digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda 
(Multiple Choices) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar 
sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. 
Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu, sebelum dan sesudah pembelajaran di 
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah 
analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik 
inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung mata 
pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,47, mata pelajaran IPS sebesar 2,51, dan 
mata pelajaran PKn sebesar 3,11 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 
2,01 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dari data tersebut terdapat perbedaan hasil 
belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian 
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar 
siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan metode mind mapping.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Tematik
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15117 | 

