DESKRIPSI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU

Sentia, Dina and Herman, Lusa (2020) DESKRIPSI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf] Text
SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru dalam pelaksanaan
Pembelajaran Tematik dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam
mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik di SD Negeri 09
Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Metode penelitian yang digunakan
yaitu Studi Kasus. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu
yang mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara),
dan dokumentasi dengan Teknik Keabsahan Data melalui Triangulasi dan
Member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu Condensation Data,
Display Data, Drawing/verifying penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu mengalami hambatan pada
pelaksanaan pembelajaran Tematik meliputi hambatan selama merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Tematik serta upaya yang
dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Hambatan guru pada
pelaksanaan pembelajaran Tematik terjadi karena hambatan internal dan
hambatan eksternal. Hambatan internal hambatan yang berasal dari guru, guru
kesulitan dalam memahami, dan hambatan eksternal yaitu hambatan dari luar
seperti guru tidak mendapatkan pelatihan yang cukup. Dapat disimpulkan bahwa
upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan
pembelajaran Tematik yaitu dengan mengikuti kegiatan internal kegiatan didalam
lingkungan sekolah dan kegiatan eksternal kegiatan yang berasal dari luar sekolah
seperti mengikuti pelatihan.
Kata kunci : Hambatan Guru, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik,
Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item
View Item