Sentia, Dina and Herman, Lusa (2020) DESKRIPSI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf [thumbnail of SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI DINA SENTIA (A1G016077).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru dalam pelaksanaan 
Pembelajaran Tematik dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam 
mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik di SD Negeri 09 
Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan 
Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Metode penelitian yang digunakan 
yaitu Studi Kasus. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu 
yang mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Tematik. Teknik 
pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), 
dan dokumentasi dengan Teknik Keabsahan Data melalui Triangulasi dan 
Member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu Condensation Data, 
Display Data, Drawing/verifying penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil 
penelitian guru SD Negeri 09 Kota Bengkulu mengalami hambatan pada 
pelaksanaan pembelajaran Tematik meliputi hambatan selama merencanakan, 
melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Tematik serta upaya yang 
dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Hambatan guru pada 
pelaksanaan pembelajaran Tematik terjadi karena hambatan internal dan 
hambatan eksternal. Hambatan internal hambatan yang berasal dari guru, guru 
kesulitan dalam memahami, dan hambatan eksternal yaitu hambatan dari luar 
seperti guru tidak mendapatkan pelatihan yang cukup. Dapat disimpulkan bahwa 
upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan 
pembelajaran Tematik yaitu dengan mengikuti kegiatan internal kegiatan didalam 
lingkungan sekolah dan kegiatan eksternal kegiatan yang berasal dari luar sekolah 
seperti mengikuti pelatihan.
Kata kunci : Hambatan Guru, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, 
 Kurikulum 2013
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | K Law > K Law (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15129 | 

