Wahyulin, Elin and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf [thumbnail of pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe
artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SDN
kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching
only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh Sekolah Dasar kelas V Kota Bengkulu yang sudah menggunakan
kurikulum 2013 dan berakreditasi A. Sampel pada penelitian ini adalah siswa
kelas V A Sekolah Dasar Negeri 82 Kota Bengkulu dan siswa kelas V C Sekolah
Dasar Negeri 61 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu multistages
cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes
hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda melalui pretest dan
posttest. Hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrument yang digunakan
adalah lembar observasi. Untuk mengukur aspek pengetahuan pengambilan tes
sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada
kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t mata pelajaran Bahasa
Indonesia t-hitung sebesar 4,27 dan IPA t-hitung sebesar 3,60 dengan t-tabel pada
taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Maka t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dari data
tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas
eksperimen dan kontrol. Maka terdapat pengaruh model artikulasi terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif Tipe Artikulasi,
Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15135 |