Friska, Friska and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf [thumbnail of SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non�Example pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest
Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada
gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA SDN 45 Kota
Bengkulu dan IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar
pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui
pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan
menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat
dan statistik inferensial. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitungsebesar 4,79 dengan ttabel pada taraf
signifikan 5% sebesar 2,02 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dengan rincian nilai
rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,26 dan mata pelajaran IPA
sebesar 89,61. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan
kelas eksperimen yang menggunakan model Example Non-Example mempengaruhi
hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
Example Non-Example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas
IV SD Negeri pada Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Tematik, Model Pembelajaran Example Non-Example, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15155 |