Mirnawati, Mirnawati and V., Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS 05 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI MIRNAWATI.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI MIRNAWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
PDF SKRIPSI MIRNAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model realistic mathematic 
education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan berpikir kritis 
pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN gugus 05 kota bengkulu. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan
adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus
05 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random 
sampling. Sampel pada penelitian ini kelas VA di SDN 09 sebagai kelas
eksprimen dan kelas VA SDN 02 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang
berbentuk soal uraian berjumlah 5 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, 
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan 
kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, dimana dibuktikan 
dengan nilai signifigan uji-t 0,02 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam 
penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model realistic mathematic 
education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan berpikir kritis 
pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN gugus 05 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Model Realistic Mathematics 
Education, Etnomatematika tabut, Berpikir Kritis.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15169 | 

