Atikah, Nur and V., Karjiati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TABUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF_Skripsi Nur Atikah.pdf [thumbnail of PDF_Skripsi Nur Atikah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF_Skripsi Nur Atikah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics
Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan komunikasi
matematika siswa kelas IV SDN di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental design dengan jenis desain the matching only pretest-posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
SD yang termasuk dalam wilayah Keluarga Kerukunan Tabut (KKT). Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian
diperoleh sampel yaitu rombel IV C di SDN 02 Kota Bengkulu yang berjumlah 24
orang sebagai kelas kontrol, dan rombel IV A di SDN 09 Kota Bengkulu
berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan
posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam
menganalisis data penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 16.0 for windows.
Adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t, 0,0 < 0,05 artinya Ha
diterima. Nila signifikansi uji t tersebut membuktikan hipotesis pada penelitian
bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis
etnomatematika tabut terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas
IV SDN di Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Tabut,
Kemampuan Komunikasi, Matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15171 |