Nurhayani, Sadela and V., Karjiati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SADELA NURHAYANI.pdf [thumbnail of SADELA NURHAYANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SADELA NURHAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model realistic mathematics education
berbasis etnomatematika permainan engklek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV
SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan jenis the matching only pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
gugus XIV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu rombel IVB SDN 42 Kota Bengkulu
yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan rombel IVB SDN 45 Kota Bengkulu
yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian kuantitatif
menggunakan SPSS 16.0 for windows. Adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikan
uji-T, 0,02 < 0,05 artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model realistic mathematic education berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education berbasis Etnomatematika, Hasil Belajar,
Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15176 |