PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU

Utami, Sakinah Gita and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SAKINAH GITA UTAMI.pdf] Text
SKRIPSI SAKINAH GITA UTAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V
Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode
penelitian ini adalah eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah “The Matching
Only Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang menerapkan kurikulum 2013 dan
Akreditas A. sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random
Sampling, sehingga diperoleh kelas VA SD Negeri 71 Kota Bengkulu sebagai kelas
eksperimen dan kelas VA SD Negeri 103 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol.
Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif berbentuk soal
pilihan ganda (multiple choice) yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan thitung mata pelajaran Bahasa
Indonesia sebesar 4,37 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 4,81 dengan ttabel pada
taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dari data tersebut
tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan
kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggnakan
model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Talking Stick, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:34
Last Modified: 04 Sep 2023 01:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200