Eliza, Sherly and V., Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Sherly Elizahhhh.pdf [thumbnail of Sherly Elizahhhh.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Sherly Elizahhhh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic 
Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan 
literasi matematika siswa kelas IV SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota 
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang 
digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the matching only 
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD 
wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel 
menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas IV B di 
SDN 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A di SDN 08 Kota 
Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. 
Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar tes berupa soal uraian 
untuk konteks literasi matematika. Teknik analisis data dengan analisis uji 
prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan analisis deskriptif 
yaitu mean dan varian. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, terdapat 
thitung 3, 82 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh 
penggunaan model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika
terhadap kemampuan literasi matematika pada komponen konteks siswa kelas IV 
SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika, 
Kemampuan Literasi Matematika
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:35 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 01:35 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15183 | 

