PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU

Eliza, Sherly and V., Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Sherly Elizahhhh.pdf] Text
Sherly Elizahhhh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic
Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan
literasi matematika siswa kelas IV SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the matching only
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD
wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas IV B di
SDN 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A di SDN 08 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar tes berupa soal uraian
untuk konteks literasi matematika. Teknik analisis data dengan analisis uji
prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan analisis deskriptif
yaitu mean dan varian. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, terdapat
thitung 3, 82 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika
terhadap kemampuan literasi matematika pada komponen konteks siswa kelas IV
SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika,
Kemampuan Literasi Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200