PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Anjani, Tiya and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI TIYA ANJANI A1G016103.pdf] Text
SKRIPSI TIYA ANJANI A1G016103.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN gugus
XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode
yang digunakan adalah quaxi eksperimental. Dengan desain the
matching only pretest-posttest control group desain. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas V gugus XIX Kota Bengkulu.
Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.
Kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan
kelas V SDN 103 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan
melalui pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan
keterampilan, instrumen yang digunakan adalah lembar
penilaian berbentuk observasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis
statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa diperoleh thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia
sebesar 4,012 dan mata pelajaran IPA sebesar 2,941 dengan ttabel
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,669, di mana thitung lebih besar
dari ttabel. Dari data tersebut, tampak terdapat perbedaan hasil
belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay
Two Stray, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200