PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Nasution, Tri Nur Azura and Herman, Lusa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI TRI NUR AZURA NASUTION A1G016012.pdf] Text
SKRIPSI TRI NUR AZURA NASUTION A1G016012.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Powerpoint terhadap hasil
belajar Tematik siswa kelas IV SDN Gugus XIX Kota Bengkulu. Adalah
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental dengan jenis desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus
XIX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 71 Kota
Bengkulu yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B SDN 72
Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal
pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest,
untuk hasil belajar sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung mata pelajaran Bahasa
Indonesia sebesar 5,44 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 6,14 dengan ttabel
pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung > ttabel. Dari data tersebut
tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen
dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)
berbantuan media powerpoint.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, Tematik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200