Gojo, Kondeta and Edi, Soetrisno and Amir, Husaini Karim Amrullah (2021) ANALISIS JALUR PEMASARAN SUSU SEGAR DI KABAWETAN (STUDI KASUS PETERNAK SAPI PERAH DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI GOJO KONDETA-E1C014043-08 Mei 2021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pembangunan subsektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor
pertanian yang memiliki nilai strategis, antara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan
yang terus meningkat akibat bertambahnya jumlah penduduk. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Juni 2020 di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Alat yang
digunakan pada penelitian ini adalah buku, pena, kuesioner, kamera. Survei pendahuluan
dan kedua dilakukan dengan tujuan untuk menentukan lokasi penelitian dan keberadaan
peternak sapi perah di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang dengan cara
mendatangi langsung ke rumah peternak atau responden. Penentuan lokasi penelitian
dilakukan secara Purpossive yaitu daerah yang terdapat peternak sapi perah dan dilakukan
berdasarkan objek yang akan diteliti. Saluran pemasaran sangat berperan dalam usaha
peternakan sapi perah. Menurut (Simamora, 2001) yang menyatakan bahwa suatu barang
dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai ke saluran distribusi
yang menggunakan tiga pedagang perantara. Pada saluran pemasaran I merupakan jalur
pemasaran yang dimana peternak langsung menjual susu sapi perah langsung ke
konsumen, sehingga tidak diperlukan adanya tataniaga yang melibatkan pedagang
pengepul dalam pemasaran tersebut. Saluran pemasaran II menunjukkan bahwa peternak
menjual susu ke pedagang pengepul, lalu pedagang pengepul menjual ke konsumen akhir.
Saluran pemasaran III menunjukkan bahwa peternak atau produsen menjual susu segar ke
koperasi, kemudian dari koperasi menjual ke pengecer dan pengecer menjual ke
konsumen. Data dari hasil penelitian ini ditabulasikan secara matematis kemudian
disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Animal Science |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 03:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15273 |