RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) METODE GALLERY WALK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X Penelitian Deskriptif Kualitatif

H, chika putri faritzah and Bhakti, karyadi and yennita, yennita (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) METODE GALLERY WALK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X Penelitian Deskriptif Kualitatif. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf] Text
SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh
pemerintahan untuk mengikuti perkembangan dan mempersiapkan tuntutan
pendidikan di abad 21. Perubahan paradigma pembelajaran mengarah ke student
centered dan peserta didik perlu dibekali keterampilan berpikir kritis.
Keterampilan berpikir kritis kurang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Terlihat dari penyusunan perangkat pembelajaran yang masih banyak digunakan
secara utuh dari sumber buku pembelajaran dan internet yang belum relevan
dengan lingkungan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini dilakukan
untuk mendeskripsikan rancangan komponen-komponen perangkat pembelajaran
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Komponen-komponennya
berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi
Peserta Didik (LDPD), dan soal evaluasi. Jenis penelitian ini termasuk kedalam
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
rancangan silabus, rancangan RPP (telaah kompetensi dasar, telaah materi
pembelajaran, telaah indikator dan tujuan pembelajaran, telaah model dan metode
pembelajaran, dan telaah media pembelajaran), rancangan LDPD, dan rancangan
soal evaluasi menggunakan model kooperatif tipe TTW metode gallery walk pada
materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian ini telah dianalisis hasil
rancangan perangkat pembelajaran yang diarahkan kedalam aspek-aspek yang
ingin dicapai dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang terdiri atas silabus,
RPP, LDPD, dan soal evaluasi pada materi pencemaran lingkungan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X .
Kata kunci: Kurikulum 2013, Keterampilan berpikir kritis, Metode Gallery
Walk, Model Kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW), Rancangan
Perangkat Pembelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:33
Last Modified: 06 Sep 2023 07:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item
View Item