H, chika putri faritzah and Bhakti, karyadi and yennita, yennita (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) METODE GALLERY WALK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X Penelitian Deskriptif Kualitatif. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf [thumbnail of SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh 
pemerintahan untuk mengikuti perkembangan dan mempersiapkan tuntutan 
pendidikan di abad 21. Perubahan paradigma pembelajaran mengarah ke student 
centered dan peserta didik perlu dibekali keterampilan berpikir kritis. 
Keterampilan berpikir kritis kurang diterapkan dalam proses pembelajaran. 
Terlihat dari penyusunan perangkat pembelajaran yang masih banyak digunakan 
secara utuh dari sumber buku pembelajaran dan internet yang belum relevan 
dengan lingkungan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini dilakukan 
untuk mendeskripsikan rancangan komponen-komponen perangkat pembelajaran 
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Komponen-komponennya 
berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi 
Peserta Didik (LDPD), dan soal evaluasi. Jenis penelitian ini termasuk kedalam 
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 
rancangan silabus, rancangan RPP (telaah kompetensi dasar, telaah materi 
pembelajaran, telaah indikator dan tujuan pembelajaran, telaah model dan metode 
pembelajaran, dan telaah media pembelajaran), rancangan LDPD, dan rancangan 
soal evaluasi menggunakan model kooperatif tipe TTW metode gallery walk pada 
materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian ini telah dianalisis hasil 
rancangan perangkat pembelajaran yang diarahkan kedalam aspek-aspek yang 
ingin dicapai dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang terdiri atas silabus, 
RPP, LDPD, dan soal evaluasi pada materi pencemaran lingkungan untuk 
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X . 
Kata kunci: Kurikulum 2013, Keterampilan berpikir kritis, Metode Gallery 
Walk, Model Kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW), Rancangan 
Perangkat Pembelajaran
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:33 | 
| Last Modified: | 06 Sep 2023 07:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15371 | 

