Sari, winda and Yennita, Yennita and Sri, Irawati (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA/MA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI WINDA SARI (A1D016017).pdf [thumbnail of SKRIPSI WINDA SARI (A1D016017).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WINDA SARI (A1D016017).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran
model siklus belajar 5E pada materi dunia tumbuhan (Plantae) untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA/MA. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini antara lain
1) Telaah Kurikulum 2) Telaah Kompetensi Dasar 3) Telaah Materi Pelajaran 4)
Telaah Perumusan Indikator dan Tujuan Pembelajaran 5) Telaah Model dan
Metode Pembelajaran 6) Telaah Media Pembelajaran 7) Telaah Alat Evaluasi
Pembelajaran. Hasil penelitian ini terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), 3 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan 2 alat evaluasi
belajar berupa lembar tes dan lembar observasi. Materi yang digunakan pada
keempat perangkat tersebut adalah materi dunia tumbuhan (Plantae) yang dipilih
berdasarkan KD 3.8 dan 4.8. Model yang digunakan adalah model siklus belajar
5e. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya-jawab, diskusi, dan
eksperimen. Media yang digunakan adalah media realia berupa sampel tumbuhan.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Siklus Belajar 5e, Materi Dunia
Tumbuhan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15428 |