HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS BENGKULU

Nurhidayanti, Nuri and Hermansyah, Amir and Dewi, Handayani (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Nuri.pdf] Text
Skripsi Nuri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang
banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran
data, serta penampilan hasilnya. Metode yang digunakan adalah korelasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara
motivasi berprestasi dengan hasil belajar mahasiswa. Subjek pada
penelitian ini adalah mahasiswa semester V dan semester VII Program
Studi Pendidikan Kimia di Universitas Bengkulu yang berjumlah ± 105
orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
instrumen angket yang ditanggapi oleh 74 responden. Analisa data dalam
penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, uji hipotesis dan uji korelasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh
kesimpulan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara variabel
motivasi dan variabel hasil belajar yang ditunjukkan dari nilai Fhitung lebih
kecil dari Ftabel (0.797 < 3.97). Dari penelitian ini diketahui bahwa ada
pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa yang
ditunjukkan oleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1.333 > 0.67791
dengan kontribusi motivasi berprestasi sebesar 0,024 atau 2,4 %.
Indikator motivasi berprestasi yang paling berpengaruh terhadap hasil
belajar mahasiswa adalah Kemandirian dalam Mengerjakan Tugas yang
memiliki sebesar 20,34.
Kata Kunci : hubungan, motivasi berprestasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item
View Item