Krisandini, Triana and Agus, Sundaryono and Rina, Elvia (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR CARA-CARA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA BAHAN ALAM DENGAN PENDEKATAN STEM’S BERBASIS ANDROID. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Triana Krisandini A1F016023.pdf [thumbnail of SKRIPSI Triana Krisandini A1F016023.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Triana Krisandini A1F016023.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon
mahasiswa terhadap suplemen bahan ajar bahan ajar KOBA dengan
pendekatan STEM’S bebasis android dan hasil belajar mahasiswa
setelah menggunakan suplemen bahan ajar tersebut. Model yang
digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah ADDI (adaptasi dari
model ADDIE) yang terdiri dari tahap analisis (analysis), perencanaan
(design), pengembangan (develope), penerapan (implementation).
Penelitian ini dilakukan di Univeristas Bengkulu dengan subjek mahasiswa
pendidikan kimia Universitas Bengkulu yang mengambil mata kuliah
KOBA TA 2019/2020. Mahasiswa dengan NPM genap berjumlah 9 orang
untuk uji coba skala kecil dan mahasiswa dengan NPM ganjil berjumlah 21
orang untuk uji coba skala besar. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa angket kebutuhan, lembar validasi, angket respon, serta lembar
evaluasi. hasil penelitian ini diperoleh: (1) tingkat kelayakan suplemen
bahan ajar dengan pendekatan STEM’S berbasis android, persentase
kelayakan dari segi materi yang didapat yaitu 92,86 % dengan kategori
sangat layak sedangkan dari segi media yaitu 80,21 % dengan kategori
sangat layak sehingga bahan ajar layak untuk diujicobakan; (2) Hasil uji
coba skala kecil didapatkan respon baik dengan persentasi rata-rata
89,75%; (3) Hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan suplemen
bahan ajar KOBA didapatkan nilai rata-rata sebesar 57,3 yang masuk
pada kategori lulus. sehingga dapat disimpulkan bahwa suplemen bahan
ajar cara-cara isolasi dan identifikasi senyawa bahan alam dengan
pendekatan STEM’S bebasis android yang telah dikembangkan dapat
digunakan sebagai suplemen dalam proses pembelajaran KOBA.
Kata Kunci : penelinitan pengmbangan, Suplemen bahan ajar, Android,
Pendekatan STEM’S.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15512 |