Rani, Ariza Yulika and Rusdi, Rusdi and Ringki, Agustinsa (2020) ANALISIS SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ARIZA YULIKA RANI_FKIP MATEMATIKA 2016_SKRIPSI.pdf [thumbnail of ARIZA YULIKA RANI_FKIP MATEMATIKA 2016_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
ARIZA YULIKA RANI_FKIP MATEMATIKA 2016_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level dari soal pada buku teks 
pelajaran matematika Kelas VIII terbitan Kemendikbud. Penelitian ini bertujuan 
untuk mendeskripsikan dan memahami tingkat kognitif pada soal yang terdapat 
dalam buku teks matematika Kelas VIII berdasarkan taksonomi Bloom. Buku 
matematika yang digunakan adalah buku matematika yang disusun berdasarkan 
Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. 
Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada buku teks matematika SMP/MTs 
Kelas VIII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud, terdiri dari 31 soal esai dan 20 
soal pilihan ganda. Analisis butir soal dilakukan menggunakan taksonomi Bloom 
Revisi. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode 
dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan 
proses kognitif pada taksonomi Bloom Revisi, soal latihan Matematika SMP 
Kelas VIII Semester 1 materi koordinat Kartesius pada soal esai menunjukkan 
tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 9,68% (3 butir soal), C2 (memahami) 
sebanyak 12,90% (4 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 64,52 % (20 butir 
soal), C4 (menganalisis) sebanyak 9,68 % (3 butir soal), C5 (mengevaluasi) 
sebanyak 0% (0 butir soal), dan C6 (mencipta) sebanyak 3,22% (1 butir soal). 
Dari 20 soal pilihan ganda diperoleh tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak
60% (12 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 30% (6 butir soal), C3
(menerapkan) sebanyak 0 % (0 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 10 % (2
butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 
butir soal).
Kata Kunci : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:07 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:07 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15531 | 

