Wicaksono, Darma and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf [thumbnail of DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang 
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan Kelas VII SMP Negeri 17 
Kota Bengkulu. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam 
menyelesikan soal himpunan kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis 
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian 
ini adalah siswa kelas kelas VII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Data diproses 
melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara 
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesalahan-kesalahan yang 
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan sebagai berikut: a) Salah 
dalam menuliskan contoh hinpunan dan bukan himpunan sebanyak 17 siswa 
(58,62%) ; b) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah dalam 
mendiskripsikan sebanyak 29 siswa (100%); c) Salah tidak mendaftarkan anggota 
himpunan dan salah membuat diagram venn sebanyak 28 siswa (96.55%) ; d) 
Salah tidak menuliskan diketahui, salah dalam mencari nilai P, dan tidak 
mendiskripsikan sebanyak 21 siswa (72,41%); e) Salah tidak menjawab AB dan 
―kurang lengkap‖ dalam langkah-langkah penyelesaian sebanyak 21 siswa 
(72,41%); f) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah siswa 
menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 16 siswa (66,17%) ;dan g) 
Salah siswa menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 15 siswa 
(51,72%). (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalammenyelesikan soal 
himpunan sebagai berikut: a) Belum memahami konsep pada materi himpunan
sebanyak 27 siswa (93,10%); b) Kurang teliti dalam perhitungan matematika 
sebanyak 19 siswa (65,52%).
Kata kunci: Diagnosis, Kesalahan, Himpunan.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:08 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:08 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15534 | 

